Jumat, 04 November 2011

konsep dasar struktur pasar dalam ekonomi

KONSEP DASAR STRUKTUR PASAR DALAM EKONOMI

1. Pengertian Pasar

Pasar secara sederhana merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk

melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Adapun pasar menurut kajian Ilmu

Ekonomi memiliki pengertian; pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara

permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu,

sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah

yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan

penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti

pasar barang (barang konsumsi). Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan

menjadi:

1. Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di

antaranya:

a. pasar tradisional

b. pasar raya

c. pasar abstrak

d. pasar konkrit

e. toko swalayan

f. toko serba ada, dll

2. Berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa

macam di antaranya:

a. pasar ikan

b. pasar sayuran

c. pasar buah-buahan

d. pasar barang elektronik

e. pasar barang perhiasan

f. pasar bahan bangunan

g. bursa efek dan saham, dll

Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua

subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masingModul

masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang

di pasar.

1. STRUKTUR PASAR

Struktur Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa

bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan,

banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam

industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Analisa ekonomi membedakan

struktur pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli,

Persaingan Monopolistis, dan Pasar Oligopoli:

Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena

dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya

kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya.

Perekonomian merupakan pasar persaingan sempuma. Akan tetapi dalam prakteknya

tidaklah mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur organisasinya

digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni, yaitu yang ciri-cirinya

sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori. Yang ada adalah yang mendekati ciricirinya,

yaitu struktur pasar dari berbagai kegiatan disektor pertanian. Namun

demikian, walaupun pasar persaingan sempurna yang murni tidak wujud di dalam

praktek.

Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau

industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Dan setiap penjual ataupun

pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.

2. CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

a. Setiap perusahaan adalah “pengambil harga”

Artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau

merubah harga pasar. Adapun perusahaan di dalam pasar tidak akan

menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga barang di pasar

ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhan

pembeli.

b. Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk

Artinya sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan

industri tersebut, langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada

produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut. Produsen tersebut

dapat dengan mudah melakukan kegiatan tersebut.

c. Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama

Artinya bahwa barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk

dibeda-bedakan. Pembeli tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan oleh

produsen A atau B.

d. Banyak perusahaan dalam pasar

Artinya karena jumlah perusahan sangat banyak dan relatif kecil jika

dibandingkan dengan jumlah produksi dalam industri tersebut. Menyebabkan

kenaikan atau penurunan harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang

berlaku dalam pasar tersebut.

e. Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar

Artinya bahwa pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahanperubahan

ke atas harga tersebut. Sehingga produsen tidak dapat menjual

barangnya dengan harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar.

Beberapa kelemahan / keburukan persaingan sempurna yaitu :

a. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi

b. Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial

c. Membatasi pilihan konsumen

d. Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi

e. Distribusi pendapatan tidak selalu merata

3. PERMINTAAN DAN HASIL JUALAN

Dalam menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan

keuntungan, dua hal harus diperhatikan :

a. Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan

b. Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu

Sifat biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan,

walau dalam struktur pasar manapun ia digolongkan. Sesuatu perusahaan itu berada

dalam pasar persaingan sempurna, atau monopoli, atau oligopoli, atau persaingan

monopolistis. Sifat dan hasil penjualan adalah berbeda di antara pasar persaingan

sempurna dengan struktur pasar lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena ditinjau

dari sudut seorang produsen, bentuk permintaan yang dihadapi oleh seorang

produsen di pasar persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi

seorang produsen di pasar lainnya.

4. PERMINTAAN PASAR DAN PERUSAHAAN

Setiap perusahaan adalah pengambil harga, yaitu sesuatu perusahaan tidak

mempunyai kekuasaan untuk menentukan harga. Interaksi seluruh produsen dan

seluruh pembeli di pasar yang akan menentukan harga pasar, dan seorang produsen

hanya "menerima" saja harga yang sudah ditentukan tersebut. Ini berarti berapa

banyakpun barang yang diproduksikan dan dijual oleh produsen, ia adak akan dapat

mengubah harga yang ditentukan di pasar, karena jumlah yang diproduksikan itu

hanya sebagian kecil saja dari jumlah yang diperjual belikan di pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar